Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Drama on Bus Trip

Bus trip

Drama is a show played by several people to produce a unique story. Everyone in it has their respective roles. But one thing for sure, whatever the genre of drama, there are always protagonist and antagonist figures.

The protagonist is a character who always steals attention because he is the main character in an event. Meanwhile the antagonist has his own way of seducing the audience to like him. The two character traits are always contradictory, the story will end soon if the two traits are juxtaposed.

Read Death of Sheikh Ali Jaber, Indonesian Muslim Grieves

Stories which short seem unsatisfactory, while stories that are too long like old school soap operas from Indonesia "Tersanjung" looked boring. Especially if it's a drama genre, the story must be balanced. Drama is a genre of entertainment that is very much in demand by people.

But did you know that drama doesn't just happen in entertainment, in fact our lives are also experiencing the drama. Like a song written by Indonesian musician Ahmad Albar entitled "Panggung Sandiwara", everyone has a role to play. What's your role? 

Last week, I left Cilegon for Subang, my hometown. On the way using the bus, I witnessed so many dramas that were presented. But for the most part, the acting they performed made my head dizzy and sleepy. Inwardly grimacing, when did I arrive?

Read also Humans are the Number One Killers

At that time, the bus seemed empty of passengers. The driver and conductor cursing and passengers heard behind him. They lamented that the day did not support his earnings.

I also actually wanted to scream in annoyance when the street singer with the face of a thug sang a discordant song in the middle of the passenger seats. "Sir, you are not the only one who is suffering!"

Even so, buskers on bus trips sometimes become protagonists where passengers love their melodious singing. At that moment, the audience will be amazed and will not hesitate to give his extraordinary gift.

Post a Comment

35 Comments

  1. Keberadaan pengamen di angkutan umum kalau suaranya bagus cukup menghibur juga mang, tapi kalau udah suaranya fals trus minta uangnya juga kasar, jadi kesal jadinya...

    ReplyDelete
  2. Drama paling melow yang aku alami, duduk di bis sendirian tanpa kekasih sementara di luar jendela hujan dan angin sahut-sahutan dan supir bis tak henti-henti memutar lagu Biarkan Aku Menangisnya Tommy J. Pissa

    #curhat #eaaaa

    ReplyDelete
  3. ga tau kenapa tiep baca sepenggal cerita di blog ini, aku kok kayak nemu ciri khasnya ya hahahhaha #ga kok ini nyata adanya, saya ga peres loh 🤣

    soalnya kalimatnya ini rasa apa ya...duh sampe susah saya ngomongnya wkwkwk...pokoknya ada ciri khasnya gitulah istilah gampangnya. Kayak modelan fiksi, tapi bukan...ya seperti itu lah...as olways saya suka sih model tulisannya. Terutama part yang mencuri perhatian saya....antagonis yang selalu merayu penonton agar menyukainya dan dia punya caranya sendiri. Gambaran kekesalan dengan keluh kesah kondektur, gambaran kekesalan dengan pengamen yang seolah paling menderita di dunia ini...padahal tidak...etdahhhh...pokoknya tulisannya mas intan dikemas dalam satu packaging yang mevvah (menurutku) untuk model penceritaan bertutur seperti ini #takkasih like 2 deh 😃☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak mbul, saya senang mbak mbul menyukai tulisannya.

      Delete

  4. Sebelum sampai ke ending saya seakan tak sabar dramanya seperti apa. He he ... Ternyata intinya mendarat ke pengamen. Ide yang cerdas. Dari masalah umum dirakit menjadi hal khusus. Ringkas dan padat. selamat malam ananda Sudibjo.

    ReplyDelete
  5. Kalau aku sih langsung tiduran aja, apalagi penumpangnya sepi tambah merdeka rasanya. Apalagi adanya pengamen pas nyanyinya lagu kenangan bersama mantan, duh tambah nyenyak nih tidurnya hehehe

    ReplyDelete
  6. your hometown named 'Subang'? wahhh di sini pun ada nama Subang juga. dan saya juga pernah bekerja di Subang ;-)

    p/s out of topic haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun pernah dengar dan baca Subang di Malaysia, haha

      Delete
    2. ya, mungkin sebab dahulu main airport malaysia adalah Subang Airport before they move to KLIA ;-)

      Delete
    3. aku sering baca di facebook subang Malaysia :D

      Delete
  7. gw juga pernah mengalami itu mas, melihat drama cerita orang di dalam bus dan di luar jendela kaca, gw pikir semua orang mempunyai peran sendiri di drama kehidupan ini :D

    ReplyDelete
  8. Drama kehidupan yg tayang siang2 gitu ya? Sering kepaksa nonton juga mas, misalnya pas namu ke rumah saudara atau lagi makan diluar sebelum pandemi. Iya sih aktingnya cringe-worthy banget, tapi itulah selera mayoritas masyarakat kayaknya.

    ReplyDelete
  9. Aku sepemikiran dengan komentar dari mas Khanif.
    Setiap orang punya peran atau garis hidup masing-masing.

    Bicarain pengamen, aku keingetan saat naik bus umum tau2 ada sekelompok pengamen lagu Jawa. Harmonisasi suaranya gokil, keren ...karena puas kukasi aja uang banyakan 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo enak, penumpang juga enak kasih tip nya

      Delete
  10. rindu banget aku naik bis lama tinggal di kampung mobil angkutan pun nggak ada yang ada ojek

    ReplyDelete
  11. I like it when the street singers come to my bus and sing my favorite song
    I'm gonna sing along heheheh

    ReplyDelete
  12. Udh lama banget aku ga naik bis hahahaha. Terakhir sebelum nikah :D. Dulu yaaa kalo naik bis dr kantor ke halte dekat rumah, sering Nemu pengamen yg bagus2 suaranya. Aku ga keberatan ksh tips gede kalo yg suaranya memang jempolan ;). Tapi pernah juga Nemu anak punk yg nyanyi ga beres. Aku ogah kalo yg begini. Prnh tuh ada org ngsih 500 perak, dibuang dong Ama dia. Najis bgt. Udh kayak rampok jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. pengamen seperti itu bisanya malak doang

      Delete
  13. Busker.. salah satu diksi baru yang aku dapat hari ini. Pengamen yaa ternyata
    Begitu lah, aku jg udah lama ga naik bus, udah lama jg ga nemu pengamen, kadang menghibur, kadang jg tidak.. Banyak yg suara nya ga asik. tapi yaa.. beginilah hidup, begini cara orang orang tertentu untuk mencari makan, daripada mereka berbuat kriminal, ya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kriminal itu ada karena rasa terancam, terkadang pengamen juga suka melakukan ancaman.

      Delete
  14. Dunia ini panggung sandiwara.....Coba kalau pengamennya nyanyinya begitu trrus auaranya merdu... kan sama dengan pengamennya itu menghibur.. penumpangnya ngasih duit.. jadi sama-sama dapat pahala..

    ReplyDelete
  15. Sorry maksudnya... Dunia ini panggung sandiwara..hehehe

    ReplyDelete
  16. Dunia ini memang panggung sandiwara atau drama, apalagi sekarang lagi musim hujan plus wabah korona, ada yang rumahnya kebanjiran, ada yang meninggal karena penyakit dll

    ReplyDelete
  17. Lagi musim jaga jarak, semua orang menghindari kerumunan, termasuk berdesak2an dalam bus..

    ReplyDelete
  18. ngomongin drama dalam bis, aku banyak juga pengalamannya
    rute bis jember - lumajang kalau dini hari konon katanya waktunya pencopet keluar sarang.
    aku pernah jam 2 pagi dari jember otw ke malang naik bis, sama temen sesama cewek juga, karena kita udah tau harus bagaimana, jadi udah siap siap aja, nggak tidur selama perjalanan dan kekepin tas terus.
    dulu aku mikir siapa juga yang mau naik bis dini hari, ternyata banyak juga.
    apalagi kalau bis udah masuk Pasuruan mau ke Malang, banyak pekerja yang pulang pergi, karena kerjaan di Malang

    ReplyDelete